Sabtu, 25 April 2009

Jadi Arsitek Itu Gampang-gampang Susah


Kenapa saya buat judul itu? Keliatannya jadi arsitek itu enak dilihat sama orang. Sebenernya saya ini sekolahnya di jurusan arsitektur dan harusnya lulusnya menyandang gelar sebagai arsitek, tapi saya kok merasa saya ini cuma arsitek-arsitekkan. Proyek mencorong (biar terang kayak corong lampu) yang pernah saya tanganin belom ada, proyek rumah tinggal kebanyakan cuma proyek tengkyu alias banyak ga jadinya, kalo ada klien minta digambarin pas udah jadi gambarnya lalu cuma bilang " nanti saya pikirin lagi ya, terima kasih atas gambarnya". Akhirnya saya terdampar kerja di perusahaan rokok yang disitupun status saya "ada ga ada" (tapi yang harus saya syukuri karena disitu saya bisa kerja santai banget dan selalu pulang on time jam 4 hehehe).

Saya dulu kuliah serius lho, makanya saya bisa lulus (lha iya lah mosok ga lulus). Lulusnya pun gak main-main dengan credit title "SANGAT MEMUASKAN". Ip aja di atas 3 di bawah 4. Belum diwisuda aja udah diterima kerja di konsultan arsitek yang cukup lumayan.

Menurut saya kalo mau jadi arsitek itu jangan nanggung-nanggung kayak saya, harus berdedikasi, pantang menyerah sebelum berdarah-darah, dan yang penting lagi bakat. Soalnya kuliahnya sih gampang asal rajin (rajin mbolos maksudnya) aja bisa lulus.

Apalagi sekarang ada program Sketchup di Google yang gratis, terus ada buku tip2 tentang arsitektur praktis di toko2 buku (jaman saya kuliah belom ada tuh buku2 kayak gitu, kalo udah ada wah asik banget), hampir setiap orang bisa jadi arsitek. Wong temen saya sekantor yang backgroundnya gak nyangkut sedikitpun di arsitektur dan kerjanya jadi purchasing, saya ajarin dikit aja pake sketchup kalo gak ada order beli barang langsung buka komputer dan mendisainlah dia. Udah puluhan rumah lho yang dia buat gambarnya. Dan sekarang banyak temen kantor yang minta diajarin sketchup.. O lha dalah siap-siap aja saya jadi pengangguran!!

Selamat menjadi Arsitek!!!


5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kuliah jurusan arsitektur apa susahnya kak? Aku penasaran, bener,,. Aku pengen banget jadi arsitek,soalnya aku pikir pikir kayanya jadi arsitek itu sulit jadi aku cari orang-orang yg udah pengalaman.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus